Informasi Umum

15 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Recommended dan Tahan Lama

Admin BFI
11 April 2023
12410
15 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Recommended dan Tahan Lama

Berkunjung ke kota pahlawan kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas kota tersebut. Nah, bagi Anda yang berencana untuk berlibur atau mengunjungi Surabaya dalam waktu dekat, rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya berikut ini bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Yuk, simak selengkapnya lewat tulisan yang satu ini, ya!

 

15 Oleh-Oleh Khas Surabaya

Ada begitu banyak oleh-oleh Surabaya yang bisa Anda pilih untuk diberikan kepada orang tersayang maupun untuk Anda nikmati sendiri di rumah. Ada apa saja? Berikut ini beberapa pilihan oleh-oleh khas Surabaya dan harganya!

1. Sambal Bu Rudy

Berbicara mengenai kota Surabaya, tentunya kebanyakan dari kita sudah tidak asing lagi dengan nama Sambal Bu Rudy, khususnya bagi para pecinta pedas. Sambal yang satu punya citarasa pedas yang khas dan nikmat.

Sambal bu rudy tersedia dalam beberapa varian sambal, seperti sambal bawang yang menjadi primadona bagi banyak orang, sambal bajak, sambal teri, sambal ijo, dan sambal petis. Harga untuk satu wadah sambalnya dibanderol cukup terjangkau, mulai dari Rp 27.000 untuk ukuran 150g.

2. Almond Crispy

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Surabaya yang tahan lama, almond crispy bisa jadi pilihannya! Makanan kering yang satu ini terbuat dari bahan dasar adonan tepung, gula, telur, susu bubuk, dan taburan almond yang kemudian dicetak berbentuk bulat tipis.

Rasanya renyah, gurih, serta tidak mudah basi. Almond crispy hadir dalam berbagai varian berbeda, mulai dari coklat, matcha, keju, dan moka. Untuk satu kotak almond crispy dijual mulai dari harga Rp 45.000 sampai dengan Rp 70.000, tergantung dari ukurannya.

3. Kaos Cak Cuk

Jika Bali terkenal akan kaos Jogernya, kota Surabaya juga memiliki kaos kenamaan yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya bernama kaos cak cuk! Wah, namanya unik sekali ya?

Kaos cak cuk seringkali dipilih sebagai cinderamata bagi para wisatawan karena memiliki desain yang unik dan gaul. Selain kaos, jika Anda berkunjung langsung ke tokonya Anda akan menemukan berbagai cenderamata lainnya seperti gantungan kunci, mug, tas, pin, dan masih banyak lagi.

Harga kaos cak cuk cukup bervariasi, untuk satu kaosnya dijual mulai dari Rp 80.000 - Rp 100.000 tergantung ukuran dan desain yang Anda pilih.

4. Sirup Mangrove

Butuh asupan segar untuk melepas dahaga? Jangan lupa untuk membeli sirup mangrove khas kota Surabaya! Oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hadiah maupun dikonsumsi secara pribadi.

Punya citarasa yang manis dan segara, sirup mangrove kaya akan vitamin dan mineral seperti antioksidan, Vitamin C, Vitamin A, dan Yodium. Untuk harganya, sirup khas daerah wonorejo ini dihargai mulai dari Rp 30.000 - Rp 70.000 per botolnya.

5. Sambal Cuk

Tidak hanya sambal bu rudy, kota Surabaya juga memiliki merek sambal lainnya yang tidak kalah enaknya. Sambal tersebut bernama sambal cuk! Merk sambal yang satu ini memiliki berbagai varian sambal nusantara, seperti sambal korek bebek madura, sambal matah bali, sambal ijo teri medan, sambal bajak, sambal bawang pete, dan masih banyak lagi. Harga untuk setiap sambal kemasan yang ditawarkan mulai dari Rp 22.000 - Rp 27.000.

6. Kerupuk Ikan Kenjeran

Pantai kenjeran menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Surabaya yang banyak dipilih. Selain terkenal sebagai tempat wisata, pantai yang satu ini juga menjadi salah satu pemasok oleh-oleh khas Surabaya terlaris bernama kerupuk ikan kenjeran!

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar seafood atau hasil tangkapan laut seperti cumi, udang, maupun rumput laut. Harga per kemasannya dijual mulai dari Rp 15.000 saja!

7. Siropen Telasih

Selain sirup mangrove, Surabaya juga memiliki merk sirup lainnya yang sama-sama enak dan cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk kerabat, keluarga, maupun kolega. Namanya yaitu siropen telasih!

Sirup yang dibuat tanpa bahan pemanis buatan yang satu ini sudah ada sejak tahun 1923. Punya kemasan yang klasik dan tampak elegan, siropen telasih hadir dalam berbagai varian menggoda seperti vanila, drambose, cocopandan, jeruk keprok, hingga mawar. Siropen telasih dijual dengan harga Rp 23.000 per botol.

8. Keripik Buah Kane

Keripik buah yang satu ini sebetulnya merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Malang yang bisa Anda jumpai di kota Surabaya. Keripik buah kane terbuat dari beberapa jenis buah seperti nangka, apel, pisang, salak, strawberry, dan lain sebagainya. Keripik buah kane dijual mulai dari Rp 17.500 tergantung dari jenis varian yang Anda pilih.

9. Cakue Peneleh

Cakue peneleh adalah salah satu jajanan khas kota Surabaya yang sudah berusia lebih dari 30 tahun! Jajanan yang satu ini pertama kali dibuat oleh Tjio Le Loe dan Kho Sioe Yan pada tahun 1988.

Cakue peneleh tersedia dalam varian original dan isian seperti udang dan daging ayam. Untuk dapat mencicipi makanan yang satu ini Anda dapat datang langsung ke gerai resmi yang berlokasi di Jalan Bunguran 45, Pasar Atom, Surabaya.

10. Lapis Surabaya

Mendengar kata oleh-oleh khas Surabaya, kue lapis Surabaya merupakan salah satu makanan yang kerap kali diburu oleh para wisatawan. Kue yang satu ini begitu terkenal sampai-sampai jika ada yang hendak pergi ke kota Surabaya seringkali dititipi kue yang satu ini.

Kue lapis Surabaya terdiri dari 3 lapis dengan tiap lapisnya dilumuri dengan selai beraneka rasa. Rasanya manis legit dengan tekstur bolu yang lembut. Harga per kemasannya cukup bervariatif, dibanderol mulai dari harga Rp 25.000 - Rp 150.000.

 

Baca Juga: 14 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Nikmat Tenan!

 

11. Spikoe Surabaya

oleh-oleh khas surabaya

Image Source: parapuan.com

Selain lapis Surabaya, kue yang cocok untuk dibawa pulang berikutnya yakni Spikoe Surabaya. Kue yang satu ini merupakan versi modern dari kue lapis Surabaya. Tak heran, penampilan yang dimiliki oleh spikoe cenderung mirip dimana keduanya sama-sama berlapis. Hanya saja lapisan yang ada pada spikoe hanya terdiri dari dua jenis.

Spikoe Surabaya dapat Anda dapatkan mulai dari Rp 85.000 - Rp 200.00 tergantung dari varian rasa dan ukuran yang Anda pilih. Meskipun terbilang mahal, kualitas yang ditawarkan sebanding dengan harga yang ada. 

12. Oseng Tuna Asap

Tertarik untuk membawa masakan yang satu ini sebagai pilihan oleh-oleh khas Surabaya berikutnya? Jangan lupa untuk membeli oseng tuna asap!

Terbuat dari ikan tuna segar yang diasapi lalu disuwir-suwir dan diberi bumbu, oseng tuna asap menjadi favorit banyak wisatawan dengan pilihan rasa pedas ataupun original. Harga yang dibanderol untuk per kemasannya cukup terjangkau, mulai dari Rp 55.000 untuk ukuran 500 gram.

13. Guna Guna Snack

Guna guna snack merupakan makanan ringan khas Surabaya yang terdiri dari roti kering dan basah. Beberapa varian yang dimiliki oleh guna guna snack antara lain yaitu Semprit Keju Ovomalt, Almond Crispy, Soes Kering Renyah, dan masih banyak lagi.

Meskipun terkesan tidak jauh berbeda dengan kue kering pada umumnya, guna guna snack memiliki citarasa yang enak dan bisa membuat siapa saja yang mencobanya menjadi ketagihan alias terguna-guna!

14. Suoklat

Tertarik untuk mencoba coklat khas Surabaya? Jangan lupa untuk mampir membeli coklat batangan ke Suoklat Cafe di Jalan Genteng Besar 83D, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya.

Ada berbagai varian coklat yang bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh khas Surabaya, seperti dark Chocolate, Coklat Kopi, Strawberry Praline, Tiramisu Praline, Green Tea, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 40.000 - Rp 70.000, tergantung dari jenis varian coklat yang Anda pilih.

15. Belinjo Udang

Punya citarasa yang gurih dan nikmat, oleh-oleh yang satu ini bisa Anda jadikan cemilan maupun pelengkap lauk makan. Sesuai dengan namanya, belinjo udang merupakan makanan yang dibuat dari udang yang dicampur dengan melinjo. Harga per kemasannya dibanderol mulai dari Rp 20.000 - Rp 50.000.

Sobat BFI, itulah informasi mengenai oleh-oleh khas Surabaya yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Jika Anda berniat untuk pergi mengunjungi Surabaya dalam waktu dekat, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas kota pahlawan yang satu ini ya! Untuk masalah biaya, serahkan saja ke BFI Finance. Solusi terpercaya untuk mewujudkan keinginan Anda!

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum